Mata merupakan salah satu pancaindra penting yang harus dijaga kesehatannya. Dalam era digital saat ini, anak-anak semakin sering menggunakan gawai untuk bermain maupun belajar. Tanpa disadari, terlalu lama menatap layar bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata. Oleh karena itu, melalui materi Bab 2 Bahasa Indonesia Kelas 2 ini, siswa akan diajak memahami pentingnya menjaga kesehatan mata, mengenal aturan 20-20-20, melatih penggunaan kata tanya, hingga mengamati grafik dan menulis hasil pengamatan. Mari kita belajar sambil menjaga kesehatan tubuh dan pikiran melalui kegiatan yang menyenangkan!
LKPD Bahasa Indonesia Kelas 2 Bab 2 – Menjaga Kesehatan
Simaklah Bacaan Guru
Aturan 20–20–20
- Berhentilah melihat gawai setiap 20 menit.
- Carilah sesuatu yang berjarak 20 kaki dari kalian.
- Tatap benda tersebut selama 20 detik.
Buat kalimat menggunakan kata “gawai”. Contoh gawai yang kalian ketahui: ____________________
Kalimat Tanya
Perhatikan bagian berwarna kuning pada bacaan di atas. Kalimat tanya memiliki kata tanya dan diakhiri tanda tanya. Berikut contoh kata tanya:
- Berapa → untuk jumlah. Contoh: Berapa tahun umurmu?
- Apa → untuk benda. Contoh: Apa makanan kesukaanmu?
- Siapa → untuk orang. Contoh: Siapa yang mengantarmu ke sekolah?
- Di mana → untuk tempat. Contoh: Di mana kamu tinggal?
- Mengapa → untuk sebab. Contoh: Mengapa adikmu menangis?
- Kapan → untuk waktu. Contoh: Kapan kamu naik kelas?
- Bagaimana → untuk cara. Contoh: Bagaimana cara membuat layang-layang?
Diskusi Bersama Guru
- Apakah menurut kalian 20 detik adalah waktu yang singkat?
- Kegiatan apa yang bisa dilakukan dalam 20 detik?
- Apakah menurut kalian 20 menit adalah waktu yang lama?
- Kegiatan apa yang bisa dilakukan dalam 20 menit?
- Mengapa kita perlu membatasi waktu memakai gawai?
Cerita “Kacamata Kadek”
Bacalah cerita lalu jawab pertanyaan berikut:
- Apa yang dilakukan Kadek di ruang dokter?
- Mengapa Kadek tidak mau memakai kacamata?
- Dapatkah Kadek melihat dengan jelas tanpa kacamata?
- Mengapa akhirnya Kadek mau memakai kacamata?
Menulis Kalimat SPO
Tulislah 5 kalimat yang memiliki subjek, predikat, dan objek!
- ______________________________
- ______________________________
- ______________________________
- ______________________________
- ______________________________
Susun dan Ceritakan Gambar
Susun gambar menjadi urutan kejadian, lalu ceritakan kepada guru.
Diskusi Tentang Kesehatan Mata
- Apa saja yang bisa mengganggu kesehatan mata?
- Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata?
Amati Grafik dan Diskusi
Perhatikan grafik tentang olahraga siswa. Diskusikan bersama:
- Berapa jenis olahraga yang disukai siswa?
- Olahraga apa yang paling banyak disukai?
- Berapa siswa yang suka sepak bola?
- Olahraga apa yang disukai dua siswa?
- Olahraga apa yang jumlah penyukanya sama dengan renang?
Menulis Tentang Olahraga Kesukaan
Tulislah lima kalimat berdasarkan pertanyaan berikut:
- Apa olahraga kesukaan kalian?
- Berapa kali dalam seminggu kalian berolahraga?
- Apa yang kalian rasakan setelah berolahraga?
Jurnal Membaca
Setelah membaca buku “Ayo, Berlatih Silat!”, salin dan isi jurnal berikut:
Judul Buku: ……………………………………..
Nama Penulis: ………………………………….
Nama Ilustrator: ………………………………
Kejadian yang paling disukai: ___________________________
Alasan menyukai: _______________________________________
Olahraga tradisional lain dari Indonesia: _______________
Beri bintang untuk buku ini: ___________
Wartawan Cilik
Wawancarailah anggota keluarga tentang olahraga kesukaan mereka. Bacakan hasilnya di kelas dan buat grafiknya bersama guru.
Refleksi Pembelajaran
Salin dan beri tanda centang:
- ☐ Saya tahu cara menjaga kesehatan mata.
- ☐ Saya mengenal jenis-jenis olahraga yang menyenangkan.
- ☐ Saya bisa mengingat informasi dari bacaan.
- ☐ Saya bisa membaca lantang.
- ☐ Saya bisa membaca grafik.
- ☐ Saya bisa menjawab pertanyaan bacaan.
- ☐ Saya bisa bercerita secara singkat.
- ☐ Saya bisa menuliskan kata tanya.
- ☐ Saya bisa menulis kalimat SPO.
- ☐ Saya bisa menulis cerita sederhana.
Kesimpulan
Simaklah bacaan yang akan dibacakan guru.