LKPD Bahasa Indonesia Kelas 2 Bab 2

Mata merupakan salah satu pancaindra penting yang harus dijaga kesehatannya. Dalam era digital saat ini, anak-anak semakin sering menggunakan gawai untuk bermain maupun belajar. Tanpa disadari, terlalu lama menatap layar bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata. Oleh karena itu, melalui materi Bab 2 Bahasa Indonesia Kelas 2 ini, siswa akan diajak memahami pentingnya menjaga kesehatan mata, mengenal aturan 20-20-20, melatih penggunaan kata tanya, hingga mengamati grafik dan menulis hasil pengamatan. Mari kita belajar sambil menjaga kesehatan tubuh dan pikiran melalui kegiatan yang menyenangkan!

LKPD Bahasa Indonesia Kelas 2 Bab 2 – Menjaga Kesehatan

Simaklah Bacaan Guru

Aturan 20–20–20

  • Berhentilah melihat gawai setiap 20 menit.
  • Carilah sesuatu yang berjarak 20 kaki dari kalian.
  • Tatap benda tersebut selama 20 detik.

Buat kalimat menggunakan kata “gawai”. Contoh gawai yang kalian ketahui: ____________________

Kalimat Tanya

Perhatikan bagian berwarna kuning pada bacaan di atas. Kalimat tanya memiliki kata tanya dan diakhiri tanda tanya. Berikut contoh kata tanya:

  • Berapa → untuk jumlah. Contoh: Berapa tahun umurmu?
  • Apa → untuk benda. Contoh: Apa makanan kesukaanmu?
  • Siapa → untuk orang. Contoh: Siapa yang mengantarmu ke sekolah?
  • Di mana → untuk tempat. Contoh: Di mana kamu tinggal?
  • Mengapa → untuk sebab. Contoh: Mengapa adikmu menangis?
  • Kapan → untuk waktu. Contoh: Kapan kamu naik kelas?
  • Bagaimana → untuk cara. Contoh: Bagaimana cara membuat layang-layang?

Diskusi Bersama Guru

  • Apakah menurut kalian 20 detik adalah waktu yang singkat?
  • Kegiatan apa yang bisa dilakukan dalam 20 detik?
  • Apakah menurut kalian 20 menit adalah waktu yang lama?
  • Kegiatan apa yang bisa dilakukan dalam 20 menit?
  • Mengapa kita perlu membatasi waktu memakai gawai?

Cerita “Kacamata Kadek”

Bacalah cerita lalu jawab pertanyaan berikut:

  1. Apa yang dilakukan Kadek di ruang dokter?
  2. Mengapa Kadek tidak mau memakai kacamata?
  3. Dapatkah Kadek melihat dengan jelas tanpa kacamata?
  4. Mengapa akhirnya Kadek mau memakai kacamata?

Menulis Kalimat SPO

Tulislah 5 kalimat yang memiliki subjek, predikat, dan objek!

  1. ______________________________
  2. ______________________________
  3. ______________________________
  4. ______________________________
  5. ______________________________

Susun dan Ceritakan Gambar

Susun gambar menjadi urutan kejadian, lalu ceritakan kepada guru.

Diskusi Tentang Kesehatan Mata

  • Apa saja yang bisa mengganggu kesehatan mata?
  • Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata?

Amati Grafik dan Diskusi

Perhatikan grafik tentang olahraga siswa. Diskusikan bersama:

  • Berapa jenis olahraga yang disukai siswa?
  • Olahraga apa yang paling banyak disukai?
  • Berapa siswa yang suka sepak bola?
  • Olahraga apa yang disukai dua siswa?
  • Olahraga apa yang jumlah penyukanya sama dengan renang?

Menulis Tentang Olahraga Kesukaan

Tulislah lima kalimat berdasarkan pertanyaan berikut:

  • Apa olahraga kesukaan kalian?
  • Berapa kali dalam seminggu kalian berolahraga?
  • Apa yang kalian rasakan setelah berolahraga?

Jurnal Membaca

Setelah membaca buku “Ayo, Berlatih Silat!”, salin dan isi jurnal berikut:

Judul Buku: ……………………………………..
Nama Penulis: ………………………………….
Nama Ilustrator: ………………………………

Kejadian yang paling disukai: ___________________________
Alasan menyukai: _______________________________________
Olahraga tradisional lain dari Indonesia: _______________
Beri bintang untuk buku ini: ___________

Wartawan Cilik

Wawancarailah anggota keluarga tentang olahraga kesukaan mereka. Bacakan hasilnya di kelas dan buat grafiknya bersama guru.

Refleksi Pembelajaran

Salin dan beri tanda centang:

  • ☐ Saya tahu cara menjaga kesehatan mata.
  • ☐ Saya mengenal jenis-jenis olahraga yang menyenangkan.
  • ☐ Saya bisa mengingat informasi dari bacaan.
  • ☐ Saya bisa membaca lantang.
  • ☐ Saya bisa membaca grafik.
  • ☐ Saya bisa menjawab pertanyaan bacaan.
  • ☐ Saya bisa bercerita secara singkat.
  • ☐ Saya bisa menuliskan kata tanya.
  • ☐ Saya bisa menulis kalimat SPO.
  • ☐ Saya bisa menulis cerita sederhana.

Kesimpulan

Simaklah bacaan yang akan dibacakan guru.