Tip Sehat dan Bugar pada Masa Remaja
Tip Sehat dan Bugar pada Masa Remaja

Kunci Jawaban Tip Sehat dan Bugar pada Masa Remaja

Berikut.id – Kunci Jawaban Tip Sehat dan Bugar pada Masa Remaja. Teman, sebagai anak yang sudah memasuki masa remaja kita perlu memperhatikan asupan makanan yang baik bagi tubuh kita. Nah, kali ini kita kan membahas tentang tip sehat dan bugas pada masa remaja. Bacalah dengan teliti!

 

Tip Sehat dan Bugar pada Masa Remaja

Tip Sehat dan Bugar pada Masa Remaja

Tahukah kalian bahwa total kebutuhan gizi pada masa remaja paling tinggi apabila dibandingkan dengan tahapan usia lainnya. Banyak perubahan yang terjadi pada masa remaja. Tubuh kalian bertumbuh pesat dan kalian pun mengeksplorasi lingkaran pertemanan yang lebih luas. Perubahan fisik, mental, dan meluasnya lingkungan sosial ini mendorong kalian untuk beraktivitas dengan lebih sering. Pada masa ini kalian mendapatkan tanggung jawab sebagaimana orang dewasa, misalnya mengatur jadwal kalian sendiri, belajar secara mandiri, maupun aktif dalam organisasi remaja. Karena itu, tak salah apabila orang mengatakan bahwa masa remaja merupakan masa transisi sebelum kalian menjadi dewasa seutuhnya.

 

Kebutuhan energi dan gizi yang cukup dan seimbang akan mendukung tumbuh kembang kalian pada masa ini. Kalori dari makanan dan minuman akan memberikan energi dan gizi yang kalian butuhkan untuk berpikir, beraktivitas, dan bertumbuh dengan baik. Sebaiknya kalian mulai memperhatikan susunan menu makan kalian. Makanan yang kalian makan sebaiknya tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh. Perhatikan cara mengatur pola makan yang sehat bagi tubuh kalian berikut ini.

 

(1) Makanlah makanan utama sebanyak tiga kali sehari pada pagi, siang, dan malam hari. Dalam makanan utama ini, sebaiknya selalu ada sayuran hijau daun, seperti bayam, kangkung, sawi, dan pokcoy.

Baca Juga :  Yang Dimaksud Dengan Berilmu dan Bernalar Kritis

(2) Selain sayur, pastikan makanan utamamu mengandung lauk-pauk sumber protein hewani dan nabati. Sumber protein hewani kalian dapatkan dari ayam, ikan, hati ayam, hati sapi, juga telur. Protein nabati kalian dapatkan dari tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

(3) Kalian juga harus mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin, minimal sekali sehari. Pilihlah buah yang berwarna merah atau oranye, seperti pepaya, mangga, jeruk, apel, dan lain-lain.

(4) Terakhir, konsumsilah produk olahan susu yang mengandung vitamin dan mineral minimal tiga kali dalam seminggu. Kalian dapat minum susu di antara waktu makan sebagai kudapan. Apabila lambungmu terasa kurang nyaman, gantilah susu dengan susu fermentasi seperti yoghurt atau keju.

 

Untuk mendapat hasil yang maksimal, batasi konsumsi makanan cepat saji, jajanan, dan makanan yang terlalu manis, asin, atau berlemak. Selain itu, jangan malas minum air putih. Usahakan tubuh kalian tetap terhidrasi dengan minum cairan 8 gelas sehari dan rutin melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit sehari. Tidak sulit, bukan? Salam sehat!

 

Adakah kegiatan yang belum kalian lakukan? Adakah makanan sehat yang sudah biasa kalian konsumsi? Kemudian, diskusikan pertanyaan ini dengan teman-teman dalam kelompok.

 

1. Siapa pembaca sasaran bacaan ini?

Jawaban: sasaran bacaan adalah remaja

 

2. Apa pesan yang disampaikan dalam bacaan ini?

Jawaban: Pesan yang disampaiakan adalah membagi cara menjaga Kesehatan dan kebugaran di masa remaja

 

3.Mengapa kalian harus memperhatikan makanan yang kalian makan?

Jawaban: Karena nutrisi makanan akan berpengaruh kepada kesehatan tubuh.

 

4. Bagaimana cara mengatur pola makan yang sehat bagi tubuh?

Jawaban: Makan tiga kali sehari, makan menu yang seimbang dengan sayuran, protein hewani, protein nabati, buah, dan produk olahan susu.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Menganalisis Berita Audiovisual

 

5. Kegiatan sehat apa saja yang masih sulit kalian lakukan? Mengapa?

Jawaban: Minum air putih sebanyak minimal 8 gelas sehari karena saya malas minum.

 

6. Perhatikan gambar “Isi Piringku” pada bacaan di atas. Adakah informasi pada gambar yang belum dibahas pada bacaan? Informasi apakah itu?

Jawaban: informasi pada gambar “Isi Piringku” sudah dibahas semua.

 

Dengan menjawab pertanyaan di atas, kalian berlatih mengakses informasi dan membuat simpulan terhadap tujuan penulisan sebuah teks informasi.

Nah teman, dengan membaca teks diatas kalian akan menambah pengetahuan tentang bagaimana menjaga tubuh agar sehat dan bugar pada masa remaja.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.