Kunci Jawaban Matematika Latihan 4.3 Halaman 238 Kelas 9 Bagian 2

berikut.id – Kunci Jawaban Matematika Latihan 4.3 Halaman 238 Kelas 9 Bagian 2. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 9, teman-teman akan mendapatkan materi tentang kekongruenan dan kesebangunan.

Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal Latihan 4.3. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 238. Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!

Kunci Jawaban Matematika Latihan 4.3 Halaman 238 Kelas 9


Selesaikan soal-soal berikut ini dengan benar dan sistematis.

Pembahasan nomor 1-6 bisa teman-teman lihat di sini

 

7. Sebuah batako berukuran panjang 24 cm, lebar 12 cm, dan tingginya 8 cm dengan berat 1,6 kg. Terdapat miniatur batako yang sebangun dengan batako tersebut dan terbuat dari bahan yang sama dengan batako asli. Ukuran panjang miniature batako 6 cm. Hitunglah:

a. lebar dan tinggi miniatur batako,
b. perbandingan volume batako asli dan batako miniatur,
c. berat miniatur batako (dalam gram).

Baca Juga :  Jawaban Matematika kelas 9 Semester 1 Uji Kompetensi 1 halaman 59

Jawaban :

a) lebar miniatur batako = 3 cm, tinggi miniatur batako = 2 cm.
b) perbandingan volume batako asli dan batako miniatur = 64 : 1
c) berat miniatur batako = 25 gram

 

8. Panjang sisi terpendek dari dua buah segi enam (hexagon) sebangun adalah 10 cm dan 8 cm. Jika luas segi enam yang besar adalah 200 cm2, berapakah luas segi enam yang kecil?

Jawaban :

(Panjang 1 / Panjang 2)² = Luas 1 / Luas 2

Luas 1 / 200 = (8 / 10)²
Luas 1 =  128 cm²

Jadi, luas segi enam yang kecil adalah 128 cm².

 

9. Usaha Konveksi

Wina mempunyai usaha konveksi. Untuk mengetahui bahan kain yang dibutuhkan, sebelum memproduksi dalam jumlah besar ia membuat sampel baju ukuran kecil dengan skala ¼ terhadap ukuran sebenarnya. Ternyata satu sampel tersebut membutuhkan kain sekitar 0,25 m2. Berapa luas kain yang dibutuhkan jika ia mendapat pesanan untuk memproduksi baju tersebut sebanyak 1.000 baju?

Jawaban :

Perbandingan antara sampel baju ukuran kecil dan sebenarnya yaitu 1 : 4. Maka untuk membuat satu sampel membutuhkan kain 0,25 m² ,

Luas kain yang dibutuhkan untuk membuat 1.000 baju yaitu:

(skala)² =luas sample / luas asli
(1/4)²   = 0,25 / luas asli
luas asli = 0,25  x 16
luas asli = 4 m²

Karena mendapat pesanan 1000 baju, maka
= 1000 x luas asli
= 4000 m²

Jadi, luas kain yang dibutuhkan untuk memproduksi 1.000 baju adalah 4.000m².

 

10. Botol Air Mineral

Ada dua macam kemasan air mineral, yaitu botol ukuran sedang dan besar. Kedua kemasan tersebut sebangun. Botol sedang tingginya 15 cm dan botol besar tingginya 25 cm. Volume botol besar adalah 1.250 ml. Berapa volume botol kecil?

Jawaban :

volume botol sedang : volume botol besar = (tinggi botol sedang : tinggi botol besar)³

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 149

volume botol sedang = 270

 

11.  Perhatikan gambar denah rumah di bawah ini.

Kunci Jawaban Matematika Latihan 4.3 Halaman 238
Denah di atas menggunakan skala 1 : 200. Hitunglah:

a. ukuran dan luas garasi sebenarnya,
b. ukuran dan luas kamar mandi sebenarnya,
c. luas taman depan sebenarnya,
d. luas rumah sebenarnya (tanah dan bangunan).

Jawaban :

Ukuran sebenarnya = ukuran peta : skala

a) Ukuran garasi = 6 m × 9 m. Luas = 54 m²
b) Ukuran dan luas kamar mandi = 4 m × 3 m. Luas = 12 m²
c) Luas taman depan = 81 m²
d) Luas tanah dan bangunan = 26 m × 16 m = 416 m²

12. Miniatur Kereta Api

Sebuah miniatur salah satu gerbong kereta api dibuat dengan material yang sama dengan kereta api sebenarnya. Panjang miniatur kereta api tersebut adalah 40 cm, panjang sebenarnya adalah 10 m, dan berat miniatur adalah 4 kg. Berapakah berat kereta api sebenarnya?

Jawaban :

panjang miniatur / berat miniatur = panjang sebenarnya / berat sebenarnya
40 / 4 = 1000 / berat sebenarnya
berat sebenarnya = 100 kg

Jadi, berat kereta api sebenarnya adalah 100 kg.

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

 

Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.