Pertanyaan dan Jawaban

Jelaskan dengan contoh saat disebut barang bebas dan barang ekonomi

Jelaskan dengan contoh saat disebut barang bebas dan barang ekonomi ! Pada postingan ini berikut akan sampaikan contoh jawaban terkait jelaskan dengan contoh saat disebut barang bebas dan barang ekonomi.

Adapun Jawaban di bawah ini bisa menjadi referensi atau penjelasan buat sobat berikut dalam mengisi pertanyaan seperti pada judul :

Jelaskan dengan contoh saat disebut barang bebas dan barang ekonomi !


Barang bebas adalah barang yang tidak dikenakan tarif atau pajak oleh pemerintah dan bebas mengalir tanpa hambatan. Contoh barang bebas adalah bahan baku industri, seperti besi dan baja, yang digunakan untuk membuat produk lain.

Barang ekonomi adalah barang yang dikenakan tarif atau pajak oleh pemerintah untuk tujuan tertentu, seperti untuk melindungi industri dalam negeri atau untuk mengendalikan inflasi. Contoh barang ekonomi adalah produk tekstil, seperti pakaian dan permadani, yang dikenakan tarif untuk melindungi industri tekstil dalam negeri.

Dengan demikian, pemerintah dapat mengontrol arus masuk dan keluar barang ekonomi, dan membatasi pasokan untuk menjaga harga stabil. Namun, hal ini sering kali memperlambat perdagangan dan meningkatkan biaya produksi, karena pengusaha harus membayar tarif atau pajak tambahan untuk menjual barang ekonomi.

Mengapa sepatu termasuk barang ekonomi ?


Sepatu bisa dikategorikan sebagai barang ekonomi karena pemerintah dapat mengenakan tarif atau pajak pada produk tersebut untuk melindungi industri sepatu dalam negeri atau untuk mengendalikan inflasi.

Contohnya, jika sepatu dibuat secara lokal di suatu negara, pemerintah dapat mengenakan tarif pada sepatu impor untuk melindungi industri sepatu dalam negeri. Ini bertujuan untuk mempromosikan produksi sepatu lokal dan memastikan bahwa produsen dalam negeri dapat bersaing dengan produsen asing.

Namun, dengan mengenakan tarif, harga sepatu impor akan lebih tinggi dan konsumen mungkin memilih untuk membeli sepatu lokal. Ini dapat meningkatkan pendapatan produsen sepatu lokal dan menciptakan lapangan kerja dalam industri sepatu.
Secara umum, pemerintah mengenakan tarif atau pajak pada barang ekonomi untuk tujuan ekonomi, seperti melindungi industri dalam negeri atau mengendalikan inflasi, dan sepatu merupakan salah satu contohnya.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-02 Pengelolaan Folder dan File Halaman 47 48 Kurikulum Merdeka

Penutup

Itulah pembahasan contoh saat disebut barang bebas dan barang ekonomi