berikut.id – Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 169. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 9, teman-teman akan mendapatkan materi tentang transformasi geometri.
Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal Latihan 3.3 bab 3 Tentang rotasi atau perputaran.
Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 169. Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!
Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 169
Latihan 3.3 Perputaran (Rotasi)
1. Jelaskan apakah gambar yang berwarna biru merupakan hasil rotasi dari gambar yang berwarna merah. Jika ya, dapatkan berapa besar sudut rotasi dan bagaimana arah dari rotasi tersebut.
Jawaban :
a) tidak
b) Ya 90° berlawanan arah jarum jam
c) Ya 180°
2. Segi empat PQRS berkoordinat di P (2, –2), Q (4, –1), R (4, –3) dan S (2, –4). Gambarlah bayangan PQRS pada rotasi 90º berlawanan arah jarum jam yang berpusat di titik asal.
Jawaban :
Koordinat bayangan hasil rotasinya adalah P'(2, 2), Q'(1, 4), R'(3, 4) dan S'(4, 2).
3. Salinlah ∆WAN berikut. Kemudian rotasikan segitiga tersebut sebesar 90º searah jarum jam yang berpusat di titik H.
Jawaban :
4. Gambar bayangan rotasi setiap bangun berikut dengan sudut 90o jika diketahui arah dan pusat rotasi. Tentukan koordinat titik-titik bayangannya. ∆WAN dengan W (–4, 1), A (–2, 1), dan N (–4, –3) berlawanan arah jarum jam dengan pusat rotasi di titik N.
Jawaban :
Koordinat bayangan hasil rotasinya adalah W’ (–8, –3), A’ (–8, –1) dan N’ (–4, –3).
Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 169
5. Gambar bayangan tranformasi untuk setiap segitiga berikut dengan mencerminkan segitiga pada garis yang diketahui. Bayangan akhir dari setiap bangun juga merupakan hasil rotasi. Tentukan koordinat bayangan dan sudut rotasi.
a. ∆TUV dengan T (4, 0), U (2, 3), dan V (1, 2) direfleksikan pada sumbu-y dilanjutkan sumbu-x.
b. ∆KLM dengan K (5, 0), L (2, 4), dan M (–2, 4) direfleksikan pada garis y = x dilanjutkan sumbu-x.
c. ∆XYZ dengan X (5, 0), Y (3, 4), dan Z (–3, 4) direfleksikan pada garis y = –x dilanjutkan garis y = x
Jawaban :
a) Koordinat bayangan = T’ (–4, 0), U’ (–2, –3) dan V’ (–1, –2)
sudut rotasinya adalah 180°
b) Koordinat bayangan = K’ (0, –5), L’ (4, –2) dan M’ (4, 2)
sudut rotasinya adalah 90° searah jarum jam
c) Koordinat bayangan = X’ (–5, 0), Y’ (–3, –4) dan Z’ (3, –4)
sudut rotasinya adalah 180°
6. Perhatikan segitiga JKL seperti pada gambar di bawah ini.
a. Rotasikan segitiga JKL dengan sudut rotasi 90o searah jarum jam dengan pusat rotasi titik asal (0, 0). Berapakah koordinat titik sudut dari segitiga J’K’L’ yang merupakan bayangan dari segitiga JKL?
b. Rotasikan segitiga JKL dengan sudut rotasi180o searah jarum jam dengan pusat rotasi titik asal (0, 0). Berapakah koordinat titik sudut dari segitiga J’K’L’ yang merupakan bayangan dari segitiga JKL?
Jawaban :
a) Koordinat bayangannya adalah J’ (4, 5), K’ (3, 2) dan L’ (1, 4)
b) Koordinat bayangannya adalah J’ (5, –4), K’ (2, –3) dan L’ (4, –1)
Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 169
7. Diketahui segitiga RST dengan koordinat titik sudut di R (3 ,6), S (–5, 2) dan T (3, –3). Gambar bayangan hasil transformasinya jika diketahui segitiga tersebut:
a. Dirotasi 90º searah jarum jam yang berpusat di titik asal kemudian dicerminkan terhadap sumbu-y.
b. Dirotasi 90º berlawanan arah jarum jam yang berpusat di titik asal kemudian didilatasi dengan faktor skala 2 berpusat di titik asal.
c. Dirotasi 180º berlawanan arah jarum jam yang berpusat di titik asal kemudian diitranslasi (4,5) setelah itu dicerminkan terhadap sumbu-x
Jawaban :
a) Koordinat bayangan = R” (–6, –3), S” (–2, 5) dan T” (3, –3)
b) Koordinat bayangan = R” (-12, 6), S” (–4, –10) dan T” (6, –6)
c) Koordinat bayangan = R”’ (1, 1), S”’ (9, –3) dan T”’ (1, –8)
Penutup
Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!
Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!
Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya