Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 167

berikut.id – Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 167. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 8, teman-teman akan mendapatkan materi tentang persamaan garis lurus.

Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal Ayo Kita Berlatih 4.4 bab persamaan garis lurus

Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 8 halaman 167.  Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!

Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 167

Ayo Kita Berlatih 4.4

Jawaban nomor 1-5 bisa teman-teman lihat di sini

6. Tentukan persamaan garis yang tegak lurus 2y + 2 = – 7/4 (x – 7) dan melalui titik (-2, -3).

Jawaban :

7. Tentukan persamaan garis lurus untuk tiap-tiap garis berikut :

a. k
b. l
c. m
d. n
e. tegak lurus garis l dan melalui (-1, 6)
f. sejajar garis k dan melalui (7, 0)
g. sejajar garis n dan melalui (0, 0)
h. tegak lurus garis m dan melalui (-3, -3)

Jawaban :

untuk menjawab point a – d teman-teman perlu mencari minimal 2 titik yang dilewati garis tersebut. Kemudian cari gradien garis dari 2 titik dengan m = (y2-y1) / (x2 – x1). Terakhir buat persamaan garis dari nilai kemiringan (gradien) dan satu titik dengan (y-y1) = m (x – x1)

a) y = -0,14x + 3,71
b) y = 2x – 2
c) y = x + 3
d) y = -3x -2

e) Gradien garis l = 1, karena tegak lurus garis 1 maka gradien garis tersebut adalah m = -1

c = y – m(x)
= 6 – (-1)(-1)
= 5

Jadi, persamaannya adalah y = -x + 5.

f ) Gradien garis k = -3, karena sejajar garis k maka gradien garis tersebut adalah m = k = -3

c = y – m(x)
= 0 – (-3)(7)
= 21

Jadi, persamaannya adalah y = -3x + 21

g) Gradien garis n = -0,14, karena sejajar garis n maka gradien garis tersebut adalah m = gradien n = -0,14

Baca Juga :  Jawaban Matematika Uji Kompetensi Semester 1 Kelas 8 Halaman 245 Bagian I

c = y – m(x)
= 0 – (-0,14)(0)
= 0

Jadi, persamaannya adalah y = -0,14x.

h) Gradien garis m = 2, karena tegak lurus garis m maka gradien garis tersebut adalah  m = -1/2

c = y – m(x)
= -3 – (-1/2)(-3)
= -4,5

Jadi, persamaannya adalah y = -1/2x – 4,5.

Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 167

 

8. P berkoordinat di (8, 3), Q berkoordinat di (4, 6), dan O adalah titik asal.

a. Tentukan persamaan garis yang melalui P dan memiliki kemiringan sama dengan garis OQ.
b. Diketahui bahwa garis di soal 8a melalui (k, 1). Tentukan nilai k.

Jawaban :

a) Kemiringan OQ = m = y1/x1 = 6/4 = 3/2

y – y1 = m(x – x1)
y – 3 = 3/2(x – 8)
2y – 6 = 3(x – 8)
2y – 6 = 3x – 24
3x – 2y – 24 + 6 = 0
3x – 2y – 18 = 0

Jadi, persaman garis yang melalui P dan memiliki kemiringn sama dengan garis OQ adalah 3x – 2y – 18 = 0.

b). Garis tersebut melalui (k,1), maka nilai k adalah

3x – 2y – 18 = 0
3(k) – 2(1) – 18 = 0
3k – 2 – 18 = 0
3k = 20
k = 20/3

Jadi, nilai k adalah 20/3.

9. Persamaan garis l adalah 2y – x = 5. Tentukan:

a. titik koordinat garis l yang memotong sumbu-X,
b. titik koordinat garis l yang memotong sumbu-Y,
c. kemiringan garis l, dan
d. gambarkan garis l.

Jawaban :

a) memotong sumbu x , y = 0
-x = 5
x = -5

( -5 , 0)

b) memotong sumbu y , x = 0
2y = 5
y = 5/2

(0, 2.5)

c) kemiringan (m) = 1/2

d)

10. Garis k melalui titik A(-2, 3) dan B(3, 1). Sedangkan garis l melalui titik C(-6, 5), D(-2, d), T(t , -5). Dan garis k tegak lurus garis l. Tentukan nilai d dan t.

Jawaban:

Gradien garis k
m = (1-3)/(3+2)
m = -2/5

karena tegak lurus
ml = 5/2

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 176 Nomor 5-8

nilai d

5/2 = (d – 5) / (-2+6)
5/2 = (d -5)/4
2(d – 5) = 20
d – 5 = 10
d = 15

nilai t

5/2 = (-5 – 15) / (t +2)
5/2 = -20 / (t + 2)
5 ( t + 2) = – 20 . 2
t + 2 = – 8
t = – 10

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!

Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

 

Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *