Jawaban Latihan 8.3 Matematika Halaman 228-229 Kelas 10

Jawaban Latihan 8.3 Matematika Halaman 228-229 Kelas 10

JawabanLatihan 8.3 Matematika Halaman 228-229 Kelas 10 — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Latihan 8.3” Muatan Pelajaran Matematika kelas X BAB VIII. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Peluang.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami serta berlatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan tersebut maka akan semakin mempermudah bagi adik adik dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban Matematika Halaman 228-229 Kelas 10

Latihan 8.3

Gunakan aturan penjumlahan untuk soal-soal berikut mengenai sepasang dadu yang dilempar

1. Tentukan peluang mendapatkan dua angka sama atau berjumlah 5.

  • Apakah kedua kejadian ini saling lepas atau tidak saling lepas?
  • Peluang mendapatkan dua angka sama adalah P(A) = ?/36.
  • Peluang mendapatkan jumlah 5 adalah P(A) = ?/36.
  • Peluang mendapatkan dua angka sama dan berjumlah 5, P(A∩B) = …
  • Maka peluang mendapatkan dua angka sama atau berjumlah 5 adalah …

Jawaban

 123456
11,11,21,31,41,51,6
22,12,22,32,42,52,6
33,13,23,33,43,53,6
44,14,24,34,44,54,6
55,15,25,35,45,55,6
66,16,26,36,46,56,6
 123456
1234567
2345678
3456789
45678910
567891011
6789101112

Peluang mendapatkan dua angka sama atau berjumlah 5. Dua kejadian ini saling lepas seperti dapat dilihat pada kedua tabel di atas yang menunjukkan hasil angka sama dan yang berjumlah 5. Peluang mendapatkan angka sama adalah, P(A) = 6/36. Peluang mendapatkan jumlah 5 adalah, P(B) = 4/36. Oleh karena itu, peluang mendapatkan angka yang sama atau berjumlah 5 adalah,

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 108 dan 110 Kelas 10
 123456
1234567
2345678
3456789
45678910
567891011
6789101112

2. Tentukan peluang mendapatkan dua angka sama atau berjumlah 2.

• Apakah kedua kejadian ini saling lepas atau tidak saling lepas?
• Tentukan peluang mendapatkan dua angka sama, peluang mendapatkan jumlah 2, dan peluang mendapatkan dua angka yang sama dan berjumlah 2.

Jawaban

Peluang mendapatkan dua angka sama atau berjumlah 2 merupakan kejadian yang tidak saling lepas, sehingga

Oleh karena itu,

 123456
1012345
2101234
3210123
4311012
5422101
6533210
 123456
1234567
2345678
3456789
45678910
567891011
6789101112

3. Tentukan peluang bahwa nilai mutlak dari selisihnya adalah 3 atau mendapatkan jumlah 5.

Jawaban

Peluang bahwa nilai mutlak dari selisih adalah 2 atau mendapatkan jumlah 5. Kedua kejadian ini saling lepas seperti terlihat pada tabel ruang sampel di atas. Kita juga bisa bernalar bahwa pasangan bilangan yang membentuk 5 adalah 1, 4 dan 2, 3, yang mana nilai mutlak dari selisihnya bukan 2, maka peluangnya adalah

4. Tentukan peluang bahwa nilai mutlak dari selisihnya adalah 2 atau mendapatkan jumlah 11.

Jawaban

Peluang bahwa nilai mutlak dari selisih adalah 2 atau mendapatkan jumlah 11 adalah

karena kedua kejadian adalah saling lepas.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Latihan 8.3 Matematika Halaman 228-229 Kelas 10. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :  Pengukuran dalam Metode Ilmiah (Part 2)

Baca Juga

Jawaban Latihan Mandiri 8.4 Soal No 1 dan 2 Matematika Halaman 230 Kelas 10
Jawaban Latihan Mandiri 8.4 Soal No 3 dan 4 Matematika Halaman 230 Kelas 10
Jawaban Latihan Mandiri 8.4 Soal No 5 dan 6 Matematika Halaman 231 Kelas 10
Jawaban Latihan Mandiri 8.4 Soal No 7 dan 8 Matematika Halaman 232 Kelas 10
Jawaban Latihan Mandiri 8.4 Soal No 9 dan 10 Matematika Halaman 232-233 Kelas 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *