Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-04 Piano Sederhana Halaman 251 252 253 254 255 256 257 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-04 Piano Sederhana Halaman 251 252 253 254 255 256 257 Kurikulum Merdeka.
Aktivitas PLB-K7-04: Piano Sederhana
Tujuan dari aktivitas ini adalah untuk memberikan pembelajaran dengan model Project Based Learning. Proyek yang dilakukan adalah pengembangan artefak komputasional secara bersama dalam tim untuk menciptakan piano sederhana. Guru akan membimbing pengerjaan proyek ini dengan menjelaskan tahapan yang akan dikerjakan.
Apa yang Kalian Perlukan?
- Papan sirkuit elektronis Makey Makey
- Kabel dan klip buaya
- Komputer PC atau Laptop yang sudah terinstall sistem operasi dan peramban
- Pensil 2B dan kertas
Apa yang Kalian Persiapkan?
- Adik-adik perlu membentuk kelompok terlebih dahulu.
- Adik-adik harus mempersiapkan aktivitas berkelompok demgan membagi tugas dan peran antar anggota kelompok. Adapun tugas-tugasnya ialah membuat template di kertas, merangkai rangkaian elektronis, membuat program dengan Scratch, menghubungkan rangkaian dengan Makey Makey dan program, dan melakukan pengujian piano sederhana.
- Perhatikan penjelasan dari guru dan lakukan aktivitas ini dengan baik.
Langkah-Langkah Pengembangan
Langkah-langkah pembuatan piano sederhana dengan Makey Makey adalah sebagai berikut:
- Membuat miniatur piano dengan kertas dan arsiran pensil grafit.
- Melakukan pemetaan mada dengan arsiran pensil dan tombol pada keyboard.
- Membuat kode dengan bahasa pemrograman Scratch, dan menguji pemetaan nada pada Scratch.
- Menghubungkan kode dengan papan sirkuit Makey Makey.
- Menguji pembangkit nada piano, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau belum.
a. Pembuatan Miniatur Piano dengan Kertas dan Arsiran Pensil
Buatlah pola tuts piano pada kertas dengan arsiran pensil 2B. Isi pensil ini terbuat dari grafit. Grafit adalah mineral karbon berwarna hitam mengkilap dan bersifat konduktor.
Langkah berikutnya adalah membuat arsiran pada kertas dengan arsiran pensil sesuai dengan pola yang sudah dibuat sebelumnya.
b. Melakukan Pemetaan Nada dengan Arsiran Pensil dan Tombol Keyboard di Komputer
Pemetaan nada dilakukan dengan memetakan seperti berikut:
c. Membuat Kode dengan Bahasa Pemrograman Scratch, dan Menguji Pemetaan Nada pada Scratch
Blok kode untuk Makey Makey tidak terlihat pada editor default Scratch 3.0 sehingga perlu ditambahkan ekstensi Makey Makey dengan langkah-langkah ini:
1. Tekan ikon “Tambahkan Ekstensi” yang ada di sudut kiri bawah layar Scratch.
2. Pilih Makey Makey. Kemudian akan terlihat dua blok kode batu yang muncul di bagian bawah daftar Blok.
Blok Pertama: WHEN () KEY PRESSED
Gunakan hat event block pada program Scratch untuk mengaktifkan skrip ketika tombol panah, w, a, s, d, f, g, atau tombol spasi ditekan pada Makey Makey.
Blok Kedua: WHEN () PRESSED IN ORDER
Gunakan hat event block ini, tombol yang terpilih untuk ditekan dalam urutan tertentu. Adapun contoh urutan yang dapat digunakan ialah sebagai berikut:
- Kiri atas kanan
- Kanan atas kiri
- Kiri kanan
- Kanan kiri
- Naik turun
- Turun naik
- Naik kanan turun kiri
- Naik kiri turun kanan
- Naik naik turun turun kiri kanan kiri kanan
3. Membuat code pada Scratch dengan:
a. Memasukkan sound piano dengan memilih sound yang sesuai. Pilih ikon speaker di kiri bawah layar, alan terlihat blok putih muncul di layar yang mewakili semua suara yang berbeda. Jika Adik-adik mengarahkan mouse ke blok ini, maka suaranya akan diputar.
b. Kemudian, cari suara piano D dengan mencari “piano D”. Pilih Piano D Piano ‘untuk menambahkannya ke pustaka suara. Ulangi proses ini untuk tombol C, E, F, dan G. Selanjutnya, cari dan tambahkan suara untuk “tepuk tangan”
c. Selanjutnya, buatlah kode pada Scratch. Tekan tab kode sehingga Adik-adik dapat mulai menambahkan blok kode ke area script.
d. Seret dan lepas (drag and drop) semua blok kode untuk mencocokkan dengan menambahkan sound piano yang sudah dimasukkan ke dalam library. Pastikan suara piano sesuai dengan tombol yang diinginkan.
e. Setelah kode selesai dibuat, ujilah semua pembangkitan nada piano dengan menekan tombol dari komputer yang Adik-adik gunakan. Isikan tabel berikut:
f. Mengeksekusi Kode Program dengan Papan Sirkuit Makey Makey
Asik adik dapat mengeksekusi kode program yang telah sesuai dengan komputer melalui port USB. Selain daya listrik yang akan mengalir ke papan sirkuit, juga ada koneksi data antara papan Makey Makey dengan komputer atau laptop.
Jangan lupa untuk menghubungkan klip buaya dengan ground (earth) pada Makey Makey di sudut kiri bawah desain piano dan masukkan kabel USB dari Makey Makey ke komputer.
Pengujian
Pengujian ini menguji apakah pembangkit nada piano telah sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan atau tidak. Pengujian juga dapat disebut debugging atau mencari bug (error). Setelah terhubung dengan Makey Makey, ujilah piano dan isilah hasil pengujian pada tabel berikut.
Jika semua nada pada tabel sesuai dengan nada yang diinginkan, maka artefak komputasional telah sesuai dengan rancangan dan pemetaan awal.
Adik-adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-04 Piano Sederhana Halaman 251 252 253 254 255 256 257 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.
Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.