Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-03 Membuat Alat Musikku Sendiri Halaman 248 249 250 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-03 Membuat Alat Musikku Sendiri Halaman 248 249 250 Kurikulum Merdeka.
Aktivitas PLB-K7-03: Membuat Alat Musikku Sendiri
Setelah Adik-adik memahami ada benda yang bisa menjadi perantara yang baik dan tidak pada Makey Makey, selanjutnya Adik-adik akan belajar lebih lanjut untuk mengembangkan Artefak Komputasional dengan mengkombinasikan program Scratch dan Makey Makey. Dengan menggunakan pengalaman pada aktivitas 1 dan 2, Adik-adik akan membuat sebuah proyek sederhana, yakni membuat alat musik sendiri.
Projek ini akan terhubung dengan kode pemrograman bahasa Scratch. Saat ini, Adik-adik tidak membuat kode program sendiri melainkan menggunakan yang sudah tersedia di Project Scratch. Terdapat banyak program Scratch yang sudah dibuat dan Adik-adik dapat memanfaatkannya. Tetapi selalu ingat untuk menuliskan sumber yang Adik-adik manfaatkan sebagai cara menghargai karya orang lain. Adik-adik dapat memilih alat musik yang akan dibuat. Dalam Artikel ini, kami mencontohkan membuat drum set dengan uang logam dan sendok makan.
Satu set minimal drum, dibutuhkan bass drum, snare drum, hit hat, dan cymbal. Pada projek ini, Adik-adik dapat menggunakan uang logam dan sendok makan sebagai bahan bakunya, Adik-adik juga dapat menggunakan bahan lain sesuai dengan imajinasi dan kreativitas masing masing.
Adapun langkah-langkah untuk membuat satu set drum ialah sebagai berikut.
1. Buka https://Scratch.mit.edu/ pada menu “search”. Ketikkan drum set pada pencarian hingga tampil berbagai projek drum set. Adik-adik juga dapat mencari jenis alat musik yang lain.
Pilih Project Drum Set yang Adik-adik inginkan.
Pada contoh yang terpilih adalah Drum Set https://Scratch.mit.edu/projects/441074743
2. Pastikan proyek yang Adik-adik pilih dapat berjalan dengan lancar. Sebelum menggunakan program tersebut, Adik-adik harus mengujinya terlrbih dahulu untuk memastikan program berjalan sesuai dengan yang dikehendaki. Tekan simbol bendera untuk memulai program. Cobalah dengan menggunakan keyboard untuk menekan tombol spasi, panah atas, panah bawah, panah kiri, san panah kanan. Jika semua tombol tersebut dapat mengeluarkan bunyi sesuai dengan petunjuknya, maka program tersebut dapat berjalan dengan baik.
3. Hubungkan Makey Makey dengan komputer, kemudian hubungkan kabel dam klip buaya pada Makey Makey dengan uang logam sesuai dengan aturan berikut:
- Bass Drum terhubung dengan simbol spasi (space)
- Snare Drum terhubung dengan panah atas (⬆️)
- Hi-hat (buka) terhubung dengan panah kanan (➡️)
- Hi-hat (tutup) terhubung dengan panah kiri (⬅️)
- Crash Cymball terhubung dengan panah bawah (⬇️)
- Untuk pemukul, siapkan sendok logam yang akan berfungsi sebagai stick drum terhubung dengan ground.
1. Hubungkan sisi kecil dari kabel USB Makey Makey pada komputer untuk mengaktifkan Makey Makey.
2. Cobalah untuk memukulkan sendok pada setiap koin yang ada untuk menguji apakah drum set yang adik adik buat sesuai dengan yang dikehendaki atau tidak.
Adik-adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-03 Membuat Alat Musikku Sendiri Halaman 248 249 250 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.
Disclaimer: kunci jawaban pada arrikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.