Informatika Kelas 7

Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas BK-K7-04-U Kata Rahasia Halaman 32 33 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas BK-K7-04-U Kata Rahasia Halaman 32 33 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas BK-K7-04-U Kata Rahasia Halaman 32 33 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas BK-K7-04-U: Kata Rahasia

 

Soal

 

Xixi mengirim sebuah kata rahasia kepada Ben. Xixi memberi petunjuk sebagai berikut kepada Ben.

 

  1. Bagian atas setiap kartu ditandai dengan persegi panjang berwarna hitam.
  2. Setiap kartu memiliki dua buah huruf. Huruf di bagian bawah adalah huruf yang harus ditulis sebelum huruf yang berada di bagian atas.
  3. Terdapat satu kartu yang hanya memiliki satu buah huruf.

Gambar Aktivitas BK-K7-04-U

 

Tantangan

 

Berdasarkan kartu-karti dan petunjuk yang diberikan oleh Xixi, kata apakah yang dikirimkan oleh Xixi kepada Ben?

 

Penjelasan

 

Untuk mendapatkan jawaban dari soal ini, Adik-adik dapat menyimpulkan bahwa kartu yang hanya memiliki satu huruf merupakan huruf awalan untuk kata, karena tidak ada huruf yang harus ditulis sebelum huruf tersebut.

 

Setelah menemukan ‘K’ sebagai huruf pertama, langkah selanjutnya adalah mencari kartu yang mengandung huruf ‘K’ pada bagian ke-2. Kartu yang memenuhi kriteria ini adalah kartu yang mengandung huruf ‘O’ dan ‘K’. Adik-adik dapat mengulangi langkah ini sampai semua kartu ditelusuri.

 

Salah satu struktur data yang terdapat pada komputer adalah linked list. Linked list dapat digambarkan sebagai berikut:

[d1|p1] >> [d2|p2] >> [d3|p3]

 

Data pada Linked list tersusun secara linier. Elemen-elemen pada struktur data tersebut (dinamakan node) memiliki 2 komponen, yakni sebuah nilai (value) dan penunjuk (pointer) ke data selanjutnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Memahami Instruksi “Membuat Sorbet Buah Gampang dan Enak”

 

Pada gambar tersebut, data digambarkan dengan d1, d2, dan d3; pointer digambarkan dengan p1, p2, dan p3. Data pertama pada list disebut head (kepala). Penting untuk mengetahui head karena akan berguna saat melakukan penelusuran list. Linked list dapat berbentuk tidak linier jika menunjuk ke linked list lain.

 

Soal kata rahasia di atas adalah contoh dari linked list. Dua huruf pada kartu tersebut merepresentasikan data dan pointer. Head dari linked list ini adalah kartu yang hanya memiliki satu huruf, yaitu huruf ‘K’.

 

Adik-adik, itulah contoh kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas BK-K7-04-U Kata Rahasia Halaman 32 33 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.