RPP Kurikulum Merdeka adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang menekankan pada pengembangan kompetensi peserta didik melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. RPP Kurikulum Merdeka kelas 2 disusun untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas 2 sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
RPP Kurikulum Merdeka kelas 2 memuat berbagai komponen penting, seperti tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Tujuan pembelajaran disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka. Kegiatan pembelajaran dirancang secara menarik dan inovatif agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan menyenangkan. Penilaian dilakukan secara berkelanjutan untuk memantau kemajuan belajar peserta didik dan memberikan umpan balik yang efektif.
RPP Kurikulum Merdeka kelas 2 sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran di kelas 2. RPP ini menjadi pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu, RPP Kurikulum Merdeka kelas 2 juga memudahkan guru dalam mengelola pembelajaran dan membuat laporan hasil belajar peserta didik.
Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2
RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan kompetensi peserta didik melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 memuat berbagai komponen penting, seperti:
- Tujuan pembelajaran
- Kegiatan pembelajaran
- Penilaian
- Media dan sumber belajar
- Skenario pembelajaran
- Refleksi guru
- Lampiran
RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka. CP merupakan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada setiap jenjang pendidikan. Kegiatan pembelajaran dirancang secara menarik dan inovatif agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan menyenangkan. Penilaian dilakukan secara berkelanjutan untuk memantau kemajuan belajar peserta didik dan memberikan umpan balik yang efektif.
RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran di kelas. RPP ini menjadi pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu, RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 juga memudahkan guru dalam mengelola pembelajaran dan membuat laporan hasil belajar peserta didik.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara jelas, terukur, dan dapat diamati. Tujuan pembelajaran yang baik akan memudahkan guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran dan penilaian yang tepat.
Dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2, tujuan pembelajaran disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka. CP merupakan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada setiap jenjang pendidikan. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan harus sesuai dengan CP sehingga pembelajaran dapat berjalan secara terarah dan terukur.
Contoh tujuan pembelajaran dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2:
- Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis hewan dan ciri-cirinya.
- Peserta didik dapat mendeskripsikan proses terjadinya siang dan malam.
- Peserta didik dapat menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 100.
Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur akan memudahkan guru dalam menilai kemajuan belajar peserta didik. Guru dapat menggunakan berbagai teknik penilaian, seperti observasi, tes tertulis, atau penilaian kinerja, untuk mengukur apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Kegiatan pembelajaran
Kegiatan pembelajaran merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2. Kegiatan pembelajaran adalah serangkaian aktivitas yang dirancang untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kegiatan pembelajaran harus dirancang secara menarik dan inovatif agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan menyenangkan.
Dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2, kegiatan pembelajaran disusun berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif. Kegiatan pembelajaran dirancang dengan memperhatikan karakteristik peserta didik kelas 2 yang masih senang bermain dan belajar melalui pengalaman langsung. Kegiatan pembelajaran juga dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan dan minat peserta didik sehingga mereka dapat belajar secara optimal.
Contoh kegiatan pembelajaran dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2:
- Kegiatan bermain peran untuk mempelajari jenis-jenis hewan dan ciri-cirinya.
- Kegiatan eksperimen untuk mendeskripsikan proses terjadinya siang dan malam.
- Kegiatan permainan matematika untuk menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 100.
Kegiatan pembelajaran yang menarik dan inovatif akan membuat peserta didik lebih aktif dan termotivasi dalam belajar. Peserta didik akan lebih mudah memahami materi pelajaran dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian
Penilaian merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2. Penilaian berfungsi untuk mengukur dan mengevaluasi kemajuan belajar peserta didik. Hasil penilaian dapat digunakan untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik dan guru, serta untuk memperbaiki proses pembelajaran.
-
Penilaian Autentik
Penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap kinerja peserta didik dalam situasi nyata. Penilaian autentik dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti observasi, penilaian portofolio, atau penilaian kinerja. Dalam contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2, penilaian autentik dapat dilakukan dengan mengamati kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi jenis-jenis hewan dan ciri-cirinya melalui kegiatan bermain peran.
-
Penilaian Berkelanjutan
Penilaian berkelanjutan adalah penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan sepanjang proses pembelajaran. Penilaian berkelanjutan bertujuan untuk memantau kemajuan belajar peserta didik dan memberikan umpan balik yang efektif. Dalam contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2, penilaian berkelanjutan dapat dilakukan dengan memberikan tugas-tugas harian atau mingguan, serta dengan mengamati partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
-
Penilaian Holistik
Penilaian holistik adalah penilaian yang dilakukan dengan mempertimbangkan seluruh aspek perkembangan peserta didik, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penilaian holistik dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti penilaian portofolio, penilaian diri, atau penilaian teman sebaya. Dalam contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2, penilaian holistik dapat dilakukan dengan menilai perkembangan peserta didik dalam aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
-
Penilaian Formatif
Penilaian formatif adalah penilaian yang dilakukan untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Penilaian formatif bertujuan untuk membantu peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya, serta untuk memperbaiki proses pembelajaran. Dalam contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2, penilaian formatif dapat dilakukan dengan memberikan komentar dan saran pada tugas-tugas peserta didik, serta dengan mengadakan diskusi kelas untuk mengidentifikasi kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik.
Penilaian yang efektif dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 akan membantu peserta didik untuk belajar dan berkembang secara optimal. Penilaian yang dilakukan secara autentik, berkelanjutan, holistik, dan formatif akan memberikan informasi yang komprehensif tentang kemajuan belajar peserta didik dan dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Media dan sumber belajar
Media dan sumber belajar merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2. Media dan sumber belajar dapat membantu peserta didik memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan. Selain itu, media dan sumber belajar juga dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan inovasi peserta didik.
Dalam contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2, media dan sumber belajar dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang bervariasi. Misalnya, untuk mempelajari jenis-jenis hewan dan ciri-cirinya, guru dapat menggunakan media gambar, video, atau buku referensi. Untuk mendeskripsikan proses terjadinya siang dan malam, guru dapat menggunakan media peraga, seperti bola dunia dan senter. Untuk menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 100, guru dapat menggunakan media permainan matematika, seperti kartu bilangan atau dadu.
Pemilihan media dan sumber belajar yang tepat akan sangat mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mempertimbangkan karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran, dan materi pelajaran ketika memilih media dan sumber belajar. Guru juga dapat melibatkan peserta didik dalam pemilihan media dan sumber belajar agar mereka merasa lebih termotivasi dan terlibat dalam proses pembelajaran.
Dengan menggunakan media dan sumber belajar yang tepat, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik. Peserta didik akan lebih mudah memahami materi pelajaran dan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan inovasi mereka secara optimal.
Skenario Pembelajaran
Skenario pembelajaran merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2. Skenario pembelajaran berisi urutan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik selama satu pertemuan pembelajaran. Skenario pembelajaran disusun berdasarkan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian yang telah ditetapkan dalam RPP.
Dalam contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2, skenario pembelajaran biasanya diawali dengan kegiatan apersepsi untuk menarik perhatian peserta didik dan mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman sebelumnya. Selanjutnya, guru akan menyampaikan materi pelajaran secara interaktif dengan menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran. Setelah materi pelajaran disampaikan, peserta didik akan diberikan kesempatan untuk mempraktikkan atau menerapkan materi pelajaran yang telah dipelajari melalui kegiatan latihan, diskusi, atau permainan.
Skenario pembelajaran yang baik akan membantu guru dalam mengelola waktu pembelajaran secara efektif dan efisien. Selain itu, skenario pembelajaran juga akan memudahkan peserta didik dalam mengikuti alur pembelajaran dan memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. Dengan demikian, skenario pembelajaran sangat penting untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Berikut adalah contoh skenario pembelajaran dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 untuk tujuan pembelajaran “Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis hewan dan ciri-cirinya”:
- Apersepsi: Guru menayangkan gambar berbagai jenis hewan dan meminta peserta didik untuk menyebutkan nama dan ciri-ciri hewan tersebut.
- Kegiatan Inti: Guru menjelaskan materi pelajaran tentang jenis-jenis hewan dan ciri-cirinya dengan menggunakan media gambar dan video. Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok dan memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk mencari informasi tentang jenis-jenis hewan tertentu.
- Latihan: Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang jenis-jenis hewan dan ciri-cirinya di depan kelas.
- Penutup: Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang jenis-jenis hewan dan ciri-cirinya. Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk membuat gambar atau poster tentang jenis-jenis hewan dan ciri-cirinya.
Skenario pembelajaran ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Guru dapat menambahkan atau mengurangi kegiatan pembelajaran sesuai dengan waktu yang tersedia dan kemampuan peserta didik.
Refleksi Guru
Refleksi guru merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 yang berfungsi untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui refleksi guru, guru dapat menganalisis proses pembelajaran yang telah dilakukan, mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan, serta mencari solusi untuk perbaikan pembelajaran di masa mendatang.
-
Perencanaan Pembelajaran
Dalam refleksi guru, guru dapat mengevaluasi kesesuaian RPP dengan tujuan pembelajaran, materi pelajaran, dan karakteristik peserta didik. Guru juga dapat merefleksikan efektivitas strategi dan metode pembelajaran yang digunakan, serta kesesuaian media dan sumber belajar yang dipilih.
-
Pelaksanaan Pembelajaran
Refleksi guru juga dapat digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran di kelas. Guru dapat merefleksikan interaksi antara guru dan peserta didik, partisipasi peserta didik dalam pembelajaran, dan pengelolaan waktu selama proses pembelajaran berlangsung.
-
Penilaian Pembelajaran
Refleksi guru dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas teknik dan instrumen penilaian yang digunakan. Guru dapat merefleksikan kesesuaian penilaian dengan tujuan pembelajaran, serta kesesuaian umpan balik yang diberikan kepada peserta didik.
-
Faktor Pendukung dan Penghambat
Refleksi guru juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran. Guru dapat merefleksikan faktor-faktor internal, seperti kemampuan dan motivasi guru, serta faktor-faktor eksternal, seperti sarana dan prasarana yang tersedia.
Dengan melakukan refleksi guru secara rutin, guru dapat terus meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Refleksi guru membantu guru untuk mengidentifikasi area-area yang perlu diperbaiki, serta mencari solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pada akhirnya, refleksi guru akan berdampak positif pada hasil belajar peserta didik.
Lampiran
Lampiran merupakan komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2. Lampiran berisi dokumen-dokumen pendukung yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran. Dokumen-dokumen tersebut dapat berupa:
- Lembar kerja peserta didik
- Bahan bacaan
- Media pembelajaran
- Instrumen penilaian
Lampiran sangat penting karena dapat membantu guru dalam:
- Menyiapkan bahan pembelajaran dengan lebih baik.
- Melaksanakan pembelajaran dengan lebih efektif.
- Menilai hasil belajar peserta didik dengan lebih akurat.
Dengan demikian, lampiran dapat membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Contoh lampiran dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2:
- Lembar kerja peserta didik tentang jenis-jenis hewan dan ciri-cirinya.
- Bahan bacaan tentang proses terjadinya siang dan malam.
- Media pembelajaran berupa video tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 100.
- Instrumen penilaian berupa rubrik penilaian untuk menilai kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi jenis-jenis hewan dan ciri-cirinya.
Lampiran-lampiran tersebut dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Pertanyaan Umum tentang “Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2”
Berikut ini beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait dengan “Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2”:
Pertanyaan 1: Apa itu RPP Kurikulum Merdeka?
RPP Kurikulum Merdeka adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang menekankan pada pengembangan kompetensi peserta didik melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Pertanyaan 2: Apa saja komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2?
Komponen penting dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 meliputi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, media dan sumber belajar, skenario pembelajaran, refleksi guru, dan lampiran.
Pertanyaan 3: Bagaimana cara menyusun RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2?
RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan pembelajaran dirumuskan secara jelas, terukur, dan dapat diamati. Kegiatan pembelajaran dirancang secara menarik dan inovatif agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan menyenangkan. Penilaian dilakukan secara berkelanjutan untuk memantau kemajuan belajar peserta didik dan memberikan umpan balik yang efektif.
Pertanyaan 4: Apa manfaat menggunakan RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2?
RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 bermanfaat untuk menunjang keberhasilan pembelajaran di kelas. RPP ini menjadi pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu, RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 juga memudahkan guru dalam mengelola pembelajaran dan membuat laporan hasil belajar peserta didik.
Pertanyaan 5: Di mana saya dapat menemukan contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2?
Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 dapat ditemukan di berbagai sumber, seperti situs web resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, portal Rumah Belajar, atau situs web sekolah-sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka.
Pertanyaan 6: Apakah RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 bersifat wajib digunakan?
RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 tidak bersifat wajib digunakan. Guru dapat memodifikasi atau mengembangkan RPP sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik di kelasnya masing-masing.
Demikian beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait dengan “Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2”.
Dengan memahami dan menerapkan RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 dengan baik, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan optimal bagi peserta didik di kelas 2.
Berikutnya: Komponen-Komponen RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2
Tips Menyusun RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2
RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan kompetensi peserta didik melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Menyusun RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 yang berkualitas sangat penting untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di kelas.
Tip 1: Pahami Capaian Pembelajaran (CP) dengan Baik
CP merupakan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada setiap jenjang pendidikan. RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 disusun berdasarkan CP yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka. Dengan memahami CP dengan baik, guru dapat merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas, terukur, dan dapat diamati.
Tip 2: Rancang Kegiatan Pembelajaran yang Menarik dan Inovatif
Kegiatan pembelajaran merupakan serangkaian aktivitas yang dirancang untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 harus dirancang secara menarik dan inovatif agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan menyenangkan. Guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran, seperti bermain peran, eksperimen, atau permainan matematika.
Tip 3: Lakukan Penilaian Secara Berkelanjutan
Penilaian merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Penilaian berfungsi untuk mengukur dan mengevaluasi kemajuan belajar peserta didik. Dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2, penilaian dilakukan secara berkelanjutan untuk memantau perkembangan belajar peserta didik dan memberikan umpan balik yang efektif.
Tip 4: Manfaatkan Media dan Sumber Belajar yang Tepat
Media dan sumber belajar dapat membantu peserta didik memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan. Dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2, guru dapat menggunakan berbagai media dan sumber belajar, seperti gambar, video, buku referensi, atau permainan matematika. Pemilihan media dan sumber belajar yang tepat akan mendukung efektivitas proses pembelajaran.
Tip 5: Susun Skenario Pembelajaran yang Rinci dan Jelas
Skenario pembelajaran berisi urutan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik selama satu pertemuan pembelajaran. Skenario pembelajaran dalam RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 harus disusun secara rinci dan jelas agar guru dapat mengelola waktu pembelajaran secara efektif dan efisien.
Dengan menerapkan tips-tips di atas, guru dapat menyusun RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 yang berkualitas dan mendukung proses belajar mengajar yang efektif di kelas.
Kesimpulan
RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 merupakan alat bantu penting bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Dengan menyusun RPP yang berkualitas, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan optimal bagi peserta didik untuk mengembangkan kompetensinya sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
Kesimpulan
Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka Kelas 2 merupakan komponen penting dalam proses belajar mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan, dengan menekankan pada pengembangan kompetensi peserta didik melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 yang berkualitas akan mendukung efektivitas proses belajar mengajar di kelas. RPP ini menjadi pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga dapat berjalan secara sistematis, terarah, dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dengan demikian, guru diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan optimal bagi peserta didik Kelas 2 untuk mengembangkan kompetensi dan karakternya sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.