Cara Merawat Laptop Agar Bisa Tahan Lama

Berikut.id *_* Cara Merawat Laptop – Anda sering mengalami masalah dengan laptop Anda? Anda mungkin menggunakan laptop Anda dengan cara yang salah dan Anda tidak menyadarinya bisa cepat rusak. Mungkin selama ini Anda menggunakan laptop di luar kemampuannya.

Berikut Cara Merawat Laptop Agar Bisa Tahan Lama

1. Bersihkan layar dengan rutin

2. mengelap layar digitaltrends com

Jangan lupa, lap layar komputer portabelmu dengan rutin, ya! Jangan tunggu sampai ada noda membandel yang sulit dibersihkan.

Seperti dituliskan PCWorld, kamu bisa menggunakan lap microfiber. Ini merupakan kain yang biasa digunakan untuk mengelap kacamata.

Dengan cara ini, kamu bisa merawat layar laptop milikmu dengan baik. Monitormu bersih, goresan juga bisa kamu hindari.

2. Gunakan Tas yang tepat

Untuk para pelajar dan mahasiswa yang sering menbawa laptop di dalam tas, utamakan tas yang digunakan sudah tepat. Sebaiknya gunakan tas khusus yang didesain untuk laptop. Agar laptop anda tetap terlindungi.

3. Jangan Letakkan Laptop di Lantai

Banyak debu yang beterbangan yang memungkin akan masuk ke dalam laptop. serta jauhkan dari jangkauan dari anak kecil dan binatang peliharaan. Resiko terinjak akan dangat besar.

Baca Juga :  Download Cars Fast as Lightning Mod Apk 2022

4. Bersihkan laptop secara berkala

Cara Membersihkan Keyboard Laptop dan PC dengan Benar

Hal ini yang sering sekali dilakukan oleh pemiliki laptop, membiarkan laptop dalam keadaan kotor itu berarti memperpendek umur laptop. Usahakan secara rutin bersihkan layar dan keyboard laptop anda.

5. Jangan terlalu lama nyalakan Laptop

Menyalakan laptop terlalu lama secara nonstop tentu bukannlah hal yang baik. Hal itu dapat membuat laptop anda overheat dan mengakibatkan daya tahan laptop semakin berkurang. Ada baiknya anda gunakan cool pads, untuk membuat suhu laptop anda tetap stabil.

6. Jangan paksa laptop untuk menjalankan aplikasi atau game yang berat

Main game di laptop? Perhatikan beberapa hal ini! | TRAX

Jangan menjalankan aplikasi atau game berat di laptop kecuali laptop anda memiliki spesifikasi yang memenuhi spec yang sudah ditentukan app dan game tersebut. Karena app dan game berat dibuat untuk komputr. Jika kita memaksas untuk menggunakannya hal tersebut kerja processor, ram vga akan sangat berat dan membuat laptop cepat panas.

7. Jangan gunakan laptop di atas kasur.

Bahaya Bekerja di Atas Kasur Bagi Kesehatan Tubuh | Popmama.com

Seberapa sering Anda membuka laptop di kasur atau bantal? Jika iya, jangan salahkan jika laptop Anda cepat rusak. Menempatkan atau membuka laptop di permukaan yang lembut hanya akan menghalangi aliran udara di bagian bawah laptop dan mencegah kelancaran pengoperasian. Udara yang dikeluarkan akan sulit keluar karena tertahan oleh badan kasur.

Akibatnya, udara panas yang terbuang berputar kembali ke laptop Anda dan membuat komponen laptop Anda semakin panas. Laptop bisnis bisa cepat rusak ketika komponen di dalam laptop kepanasan. Sebaiknya letakkan laptop di permukaan yang datar agar aliran udara dapat berjalan dengan lancar.

 

8. Matikan laptop sesuai dengan ketentuan

Cara Mematikan Atau Shut Down Komputer Laptop Dengan Baik Dan Benar

Mematikan laptop dengan benar berarti sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini juga cara untuk merawat laptop Anda agar tidak rusak dalam waktu dekat. Jangan sekali-kali mematikan laptop dengan menekan tombol power secara langsung, tetapi klik tombol power terlebih dahulu, lalu klik Shut Down. Laptop juga perlahan dimatikan oleh sistem.

Baca Juga :  Mengenal Elektronika dan Komponen Elektronika

Ketika Anda mencoba mematikan laptop Anda tanpa mengikuti aturan ini, itu mempercepat terjadinya kerusakan prosesor. Jika hal ini terjadi, Anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki laptop tersebut.

9. Jangan gunakan laptop sampai baterai kosong hingga 0%

Penyebab Baterai Laptop Jadi Boros – Trends302

Baterai juga merupakan komponen laptop yang mudah rusak. Padahal, sumber energi yang satu ini sangat penting.

Kalau sampai rusak, mau tak mau, kamu harus memakai laptop dengan aliran listrik. Produktivitas kerjamu pun bisa terganggu karenanya.

Oleh karena itu, hindari menggunakan laptop hingga baterainya habis, ya! Sambungkan ia dengan listrik sebelum kapasitasnya menyentuh 20%.

10. Atur tingkat kecerahan layar monitor

Gunakanlah kecerahan yang anda rasa nyaman dilihat. Jika kita gunakan kecerahan secara berlebihan, hal tersebut akan membuat daya baterai laptop cepat turun.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.