Apa Itu Dark Mode atau Mode Gelap Berikut Penjelasannya

Berikut.id – Dark mode atau mode gelap ialah membuat tampilan layar gadget menjadi memiliki background hitam dengan teks putih. Manfaat mengubah pengaturan ini akan mengurangi paparan cahaya biru ke mata Anda.

Padahal faktanya teknologi dark mode ini ternyata sudah ditemukan pada awal pembuatan komputer.

Namun sayang pada saat itu, dokumen yang dicetak dari layar dark mode tidak menunjukan hasil yang sesuai, sehingga teknologi light mode lah yang dikembangkan dan menjadi standar di dunia.

Kemudian, seiring berjalannya waktu ditemukan beberapa efek negatif dari light mode, sehingga akhirnya dark mode ini dianggap dapat memberikan jawaban atas masalah tersebut.

Smartphone zaman sekarang baik itu pengguna Android maupun IOS biasanya sudah dilengkapi dengan pengaturan mode gelap.

Mode gelap sendiri merupakan tampilan yang membuat warna layar ponsel menjadi lebih gelap, dan sangat berbeda dengan tampilan pada mode biasa, terutama pada pencahayaannya.

Nah, lalu tahukah anda manfaat dan kelebihan apa saja yang ditawarkan dari menggunakan dark mode itu?

Apa Itu Dark Mode?

How to turn on dark mode in Clubhouse: A step-by-step guide

Secara sederhana, dark mode adalah skema warna pada interface yang menampilkan teks cerah di atas latar belakang yang gelap, menurut Phone Arena.

Salah satu alasan mengapa hal yang satu ini begitu populer tentunya karena desain ini lebih nyaman untuk mata.

Jika dibandingkan dengan melihat layar dengan tampilan light mode atau dengan latar belakang putih, memang mata akan lebih nyaman dengan mode gelap.

Baca Juga :  Mengenal Penyimpanan eMMC Pada SmartPhone

Itulah mengapa kini para desainer grafis lebih memilih menggunakan dark mode agar bisa mengurangi ketegangan pada mata saat terlalu lama melihat layar.

Sebenarnya desain yang satu ini bukanlah hal yang baru. Pasalnya, sebelum tahun 80-an rata-rata komputer menggunakan monitor monokrom yang tampak seperti dark mode.

Namun, tampilan gelap yang klasik tersebut akhirnya berubah dengan penggunaan light mode yang dirancang meniru tampilan tinta di atas kertas putih.

Menariknya, setelah menggunakan light mode selama beberapa dekade, rupanya dark mode untuk pertama kalinya digunakan lagi oleh Windows Phone 7 pada tahun 2010 lalu.

Setelah itu di tahun 2018, Google juga menambahkan fitur yang satu ini ke OS Android. Hal itu diikuti oleh Apple yang juga memberikan fitur dark mode di iOS setahun setelahnya.

Manfaat menggunakan dark mode

Biarpun begitu, masih ada hal-hal positif yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan dark mode. Berikut manfaat mengubah tampilan ponsel Anda ke dalam mode gelap:

1. Mengurangi paparan cahaya biru

Cahaya biru inilah yang menghambat produksi melatonin. Hormon inilah yang menyebabkan seseorang mengantuk dan memberikan tanda kepada tubuh bahwa sudah waktunya tidur. Namun, Anda tetap disarankan untuk tidak membawa ponsel ke atas kasur. Selesaikan waktu Anda dengan smartphone sebelum masuk ke dalam kamar.

2. Mengurangi ketegangan mata

Dark mode biasanya disukai oleh mereka yang senang browsing pada gadget di malam hari
Dark mode membuat teks menjadi lebih mudah dibaca

Buat sebagian orang, mode gelap membuat teks menjadi lebih mudah dibaca. Mereka yang suka membaca e-book atau berselancar di media sosial pada malam hari mungkin akan lebih suka mode gelap ini.

Namun, tetap perhatikan tanda dari mata Anda biarpun sudah menggunakan mode gelap. Saat mata sudah terasa lelah, kering, dan sedikit tegang, segeralah beristirahat. Jauhkan mata Anda dari gadget untuk sementara waktu.

Baca Juga :  Infinix Resmi merilis Hot 12 Pro di Indonesia berikut spesifikasinya

3. Menghemat baterai gadget

Manfaat lainnya memang bukan dari sisi kesehatan, tapi banyak orang mungkin akan suka. Dark mode merupakan pengaturan yang sangat irit konsumsi daya baterai. Hal ini pun membuat ponsel bisa lebih lama digunakan. Mengubahnya menjadi dark mode bisa menjadi keuntungan untuk Anda saat berada di luar ruangan dan jauh dari tempat pengisian daya.

Dark mode tidak selamanya bagus

Dark mode menyebabkan penderita miopia sulit membaca teks dalam layar hitam
Mode gelap dalam gawai justru dapat membuat ketajaman penglihatan berkurang

Di samping manfaatnya untuk kesehatan mata, mode gelap juga membawa efek negatif yang serupa. Penggunaan mode gelap akan memaksa pupil mata membesar untuk menangkap lebih banyak cahaya. Saat itulah, ketajaman penglihatan akan berkurang. Jadi tak heran banyak orang yang menjadi salah membaca dalam keadaan gelap.

Selain itu, tidak semua orang bisa menggunakan pengaturan layar hitam ini. Mereka yang menderita miopia akan lebih sulit membaca dalam layar hitam dan teks putih. Huruf putih seolah-olah akan tercampur dengan warna hitam di bagian belakangnya.

Memang bukan sebuah keharusan menggunakan mode gelap dalam gadget yang Anda miliki. Sesuaikan saja dengan kenyamanan saat Anda melihatnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai menerapkan tren desain yang sedang populer ini. Berikut ini penjelasannya.

Sesuaikan dengan warna brand

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menerapkan mode ini adalah dengan menyesuaikan warnanya dengan brand.

Pasalnya, tidak semua warna brand bisa terlihat menarik dengan mode gelap. Misalnya, jika brand memiliki spektrum warna yang lebih luas, maka kurang cocok saat menggunakannya.

Pastikan cocok dengan industri

Industri yang digeluti juga perlu diperhatikan jika ingin mencoba membuat desain yang satu ini.

Menurut 99designs, brand yang bergelut di industri kehidupan malam dan hiburan sangat cocok menggunakan dark mode.

Hal itu disebabkan konten dari industri tersebut akan lebih atraktif dan menarik jika ditampilkan dengan latar belakang yang gelap.

Baca Juga :  Pengertian DHCP fungsi dan Cara Kerja DHCP

Gunakan desain yang minimalis

Desain yang minimalis rupanya juga sangat cocok digunakan dalam mode gelap.

Jika teks merupakan konten utama yang ditonjolkan, maka penggunaan hal yang satu ini dapat membuat masalah pada keterbacaan.

Dengan menggunakan Mode gelap maka pengguna akan kesulitan dalam membaca teks yang panjang. Oleh karena itu, desain yang satu ini lebih cocok digunakan dalam aplikasi atau website yang minimalis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.