berikut.id – Jawaban Matematika Latihan 4.4 Halaman 254 Kelas 9. Teman berikut.id, pada mata pelajaran matematika kelas 9, teman-teman akan mendapatkan materi tentang kekongruenan dan kesebangunan.
Kali ini, berikut.id akan membahas jawaban soal Latihan 4.4. Soal yang akan kita bahas bisa teman-teman temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 9 halaman 254.
Jawaban Matematika Latihan 4.4 Halaman 254 Kelas 9
Teman-teman silahkan kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, kemudian cocokan jawaban teman-teman dengan pembahasan dari berikut.id ya!
1. Pada gambar di samping, QR//ST.
a. Buktikan bahwa ΔQRP dan ΔTSP sebangun.
b. Tuliskan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian.
Jawaban :
2. Perhatikan gambar berikut.
a. Buktikan bahwa ΔABC dan ΔPQR sebangun.
b. Tuliskan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian.
Jawaban :
3. Apakah ΔKMN sebangun dengan ΔOLN? Tunjukkan.
Jawaban :
4. Pada ΔABC dan ΔPQR diketahui m∠A = 105º, m∠B = 45º, m∠P = 45º, dan m∠Q = 105º.
a. Apakah kedua segitiga tersebut sebangun? Jelaskan.
b. Tulislah pasangan sisi yang mempunyai perbandingan yang sama.
Jawaban :
5. Diketahui m∠ABC = 90º, siku-siku di B.
a. Tunjukkan bahwa ΔADB dan ΔABC sebangun.
b. Tunjukkan bahwa ΔBDC dan ΔABC sebangun
Jawaban :
6. Perhatikan gambar.
a. Tunjukkan bahwa ΔFCE ∼ ΔACB.
b. Tunjukkan bahwa ΔFCE ∼ ΔDEB.
c. Tunjukkan bahwa ΔACB ∼ ΔDEB.
d. Tentukan panjang FE dan AF
Jawaban :
7. Hitunglah panjang EB dan CE
Jawaban :
Pembahasan nomor 8-17 bisa teman-teman lihat di sini
Penutup
Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, ya! Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!
Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!
Disclaimer:
1. Jawaban pada berikut.id bisa saja berbeda dengan penjelasan guru di sekolah teman-teman
2. Jadikan pembahasan ini sebagai salah satu referensi teman-teman dalam mengerjakan soal dan bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada berikut.id tidak mutlak kebenarannya